Apakah Sah Shalat Tidak Memakai Mukena

apakah sah sholat tanpa mukena

apakah sah sholat tanpa mukena

Pertanyaan : Sholat tanpa mukena, sahkah? 

Jawab: Bismillah wassholatu wassalamu ala rasulillah wa ashhabihi ajmain, wa ba’du.

Mukena merupakan busana yang sudah tidak asing lagi bagi wanita muslimah di tanah air, karena atribut ini biasa dikenakan ketika sholat di sebabkan mereka meyakini mukena lebih menutup aurat  bagi wanita.

Dari sedikit keterangan diatas maka pakaian / busana apa saja yang dapat menutup aurat  secara sempurna bagi wanita muslimah maka boleh digunakan ketika sholat dan sholatnya sah. Hal ini di dasari oleh sabda nabi صلى الله عليه وسلم :

عن عائشة رضي الله عنها أن النبي صلى الله عليه وسلم قال لا يقبل الله صلاة إلا بخمار. رواه الخمسة إلا النسائى وصححه ابن خزيمة و أحمد شاكر و الألباني.

Artinya: “Dari Aisyah radhiyallahu anha bahwa nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda Allah tidak menerima sholat wanita yang telah haidh (dewasa)tanpa khimar”. (HR. Ahmad, Abu Dawud, At-tirmidzi ,Ibnu Majah, dan dishohihkan oleh Ibnu Khuzaimah, Syaikh Ahmad Syakir dan Syaikh Albani) .

Berkata Syaikh Ali bassam :Khimar adalah kain yang menutup kepala dan leher (taudihul ahkam 2/6).

Aurat wanita dalam sholat adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan menurut mayoritas para ulama(Shahih Fiqih Sunnah 1/300).

Wallahu A’lam bisshowaab.