Biografi Sheikh Said Al Kamali الشيخ سعيد الكملي dari Maroko

  • admin 
biografi syeikh said al kamali

Sheikh Said bin Muhammad Al Kamali (الشيخ سعيد بن محمد الكملي) adalah seorang ahli fiqih (faqih), ahli hadits (muhaddits), da’i dan dosen Universitas di Maroko. Beliau lahir  pada tahun 1392 Hijriah / 1972 Masehi di kota Rabat, Maroko.

Sheikh Said Al Kamali dikenal luas oleh kalangan pemuda Islam dari video pengajian rutinnya yang diunggah di Youtube.  Hapalannya yang banyak, dan cara penyampaiannya yang memukau dan mudah dipahami membuatnya disukai oleh banyak orang terkhusus kalangan pemuda.

Kajian rutin beliau yang membahas kitab fiqh Muwattha’ Imam Malik didominasi oleh pemuda. Selain mengisi menjadi dosen dan kajian rutin di Negaranya Maroko, beliau juga sering diundang ke luar negeri, termasuk ke Eropa dan Amerika.

Pendidikan Sheikh Said Al Kamali 

Sheikh Said Al Kamali menimba ilmunya di sekolah tsanawi dan ‘idadi di sekolah Daarus salam dan Mawlay Yusuf di Rabat. Beliau meraih gelar Master dalam bidang Manjemen Turis dan Parawisata dari Sekolah Tinggi Pariwisata Internasional di Tangier, Maroko.

Kemudian Sheikh Said Al Kamali melanjutkan kuliahnya ke Universitas Muhammad ke 5 di Rabat dan meraih gelar sarjana. Kemudian melanjutkan ke jenjang Magister dengan judul tesis “الأحكام الشرعية في الأسفار الجوية” (hukum-hukum syar’i dalam perjalanan udara), dan meraih gelar doktor dari universitas yang sama dengan judul disertasi “الإجتهاد المعاصر و المشكلات الإنسانية” (ijtihad kontemporer dan problematika kemanusiaan) yang pada sidangnya dihadiri oleh ulama besar Maroko  فاروق حمادة ( Shaikh Faruq Hamadah)

Pertumbuhan Ilmiah dan Guru-guru Sheikh Said Al Kamali 

Beliau hafal Quran, dan bersungguh-sungguh selama 6 tahun untuk pergi setiap pekannya ke kota Marakesh untuk menimba ilmu dengan Sheikh Abdurrahim Nablusi, sampai belia memberinya ijazah (sanad) pada Qira’ah ‘asyarah, beliau juga menghafal beberapa matan Nahwu, Sharaf, Balaghah, Fiqh, Hadits, Qira’at, Manthiq, dan Adab.

Shaikh Said Al Kamali belajar pada beberapa ulama baik di barat maupun timur, diantaranya Syaikh Faruq Hamadah, Syaikh Muhammad Ar-ruki, Syaikh Mushafa An-najjar. Beliau diberi ijazah (sanad) kutub sittah oleh Syeikh Muhammad Muhammad Al amin Bukhubzah Al husni, dan ijazah seluruh riwayat dari syaikh beliau Ahman bin Shiddiq Al ghumari.

Syaikh Said juga melakukan perjalanan menimba ilmu kepada beberapa ulama syinqith di Mauritania. Disana beliau belajar pada Syeikh Muhammad Salim Walad ‘Abdul wadud, dan Syaikh Ahmad walad AL murabith. Beliau juga berguru kepada Syeikh Muhammad Al hasan Addudu, dimana beliau memberinya ijazah (sanad) kitab Muwattha’ Imam Malik dengan dua riwayatnya Yahya bin Yahya Al laits dan Abu Mush’ab Az zuhri, beliau juga memberinya ijazah kutub sittah, alfiyah al ‘iraqi, nazhmul fashih oleh Ibnu Al marhal, dan riwaya-riwayat lainnya, demikian juga beliau memberinya ijazah umum untuk meriwayatkan semua yang sah dari beliau.

Beliau juga pernah safar ke Mesir dan berguru kepada beberapa ulama Al azhar Asy syarif dan hadir di sebagian kajian mereka. Kemudian beliau safar ke negeri haramain (Makkah dan Madinah), disana beliau bertemu dengan beberapa ulama, diantaranya Syaikh ‘Athiyah Salim, Syaikh ‘Abdul Muhsin Al ‘Abbaad, Syaikh Muhammad bin Muhammad Al Mukhtar Asy syinqithi, Syaikh Muhammad bin Shalih bin ‘Utsaimin dan selain mereka.

Kesibukan Ilmiah

Shaikh Said Al kamali pernah bekerja sebagai dosen di Universitas Muhammad V di Rabat, pada fakultas adab dan ilmu kemanusian, divisi study Islam. Bidang studi yang pernah beliau ajarkan adalah fiqh, hadits, mawarits, nahwu, ushul dan adab.

Beliau juga mengisi kajian di “kursi” Imam Malik di Masjid As-sunnah di Rabat, dimana beliau mengisi kajian syarah (penjelasan) kitab Muwattha Imam Malik, setiap hari jum’at setelah maghrib sampai isya. Beliau juga rutin mengisi khutbah jumat di Masjid Al Masirah Al khadhra di distrik Ya’qub Al Manshur, Rabat.

Tulisan dan Bukunya

Syaikh Said Al kamali memiliki beberapa tulisan, diantaranya:

  • Kitab hukum-hukum syar’i dalam perjalanan udara (كتاب الأحكام الشرعية في الأسفار الجوية.) (dicetak)
  • Kitab Jany Ats stamarat min nazhmil waraqaat (كتاب جني الثمرات من نظم الورقات) dicetak
  • كتاب النقد والتعليل لبناء الأحكام على ما أصل في البيان والتحصيل (dicetak)

Kutipan Perkataan dari Syaikh Said Al Kamali

  • “Jangan engkau menjadi seperti kaum musa, jangan engkau meninggalkan kesibukan menuntut ilmu dan sibuk dengan urusan lain, karena ilmu adalah Manna dan Salwa sedangkan selainnya adalah bawang merah dan bawang prei”
  • “Orang yang berakhlak tanpa ilmu tidak membahayakan dirinya, tapi orang yang berilmu tanpa akhlak membahayakan dirinya dan orang lain.”
  • “Setiap orang yang kehilangan jati diri, hendaklah mencarinya di Kitabullah (Quran) maka ia akan menemukannya disana.”

 

Sumber:  https://saidelkamali.com/