26 Kosa Kata Bahasa Inggris Serapan dari Bahasa Arab

Kosa Kata Bahasa Inggris Serapan dari Bahasa Arab – Sejak inggris dan sekutunya menang perang, maka secara de facto mereka telah menjadi penguasa dunia dalam berbagai hal, seperti ekonomi, politik, teknologi dan lainnya.

Ini berpengaruh juga kepada bahasa, banyak kosa kata bahasa-bahasa di dunia berasal dari serapan bahasa Inggris.

Banyak faktor yang menyebabkan fenomena penyerapan terjadi, diantara melalui istilah-istilah dalam bidang teknologi dan ilmu sains yang kebanyakan menggunakan bahasa Inggris, juga massivenya propaganda barat melalui media, industri film dan lainnya.

Lain dulu lain sekarang, ummat islam juga pernah menguasai dunia, dimulai pada tahun 600an Masehi, wilayah kekuasaan ummat islam sudah membentang dari perbatasan cina di timur, sampai Andalus Spanyol di barat.

Pada saat ummat Islam berkuasa, bahasa resmi yang dipakai adalah bahasa Arab.

Penguasa ilmu pengetahuan dan sains pada saat itu adalah ummat Islam, pemerintah islam sangat mendukung berkembangnya ilmu dan sains, sehingga menghasilkan ilmuan-ilmuan muslim yang handal.

Hegemoni ummat Islam atas ilmu pengetahuan ini membuat bangsa-bangsa lain, terutama bangsa eropa pada abad pertengahan berbondong-bondong belajar ke sekolah dan universitas islam, terutama di Andalusia.

Kosa Kata Bahasa Inggris Serapan dari Bahasa Arab

Kontak budaya dan politik antara ummat Islam dengan bangsa eropa tersebut juga sedikit banyak berpengaruh pada penyerapan bahasa Arab ke dalam kosa kata bahasa-bahasa di Eropa pada saat itu, termasuk bahasa Inggris.

Menurut pakar bahasa, ada ratusan bahkan kosa kata bahasa inggis yang diambil dari kosa kata bahasa Arab.

Berikut ini adalah beberapa contoh kosa kata dalam bahasa Inggris yang diambil dari bahasa Arab:

1. Alcohol

Kata “Alcohol” berasar dari bahasa Arab Al-Kuhl (الكحل)  yaitu suatu serbuk yang digunakan untuk mata (celak). Dulu kuhl / kohl digunakan sebagai anti septik,  celak mata dan kosmetik. Makna Alkohol kemudian berkembang menjadi semua zat yang disuling secara umum, kemudian maknanya menyempit menjadi ethanol. (sumber)

Baca juga:  Hukum Taklifi: Pengetian, Pembagian dan Penjelasannya

2. Ally

Ally artinya teman, atau sekutu, berasal dari bahasa Arab wali (ولي) yang berarti teman, penolong penjaga dll.

3. Assassin

Assassin artinya pembunuh, kalimat ini berasal dari bahasa Arab  Asāsiyyūn (أساسيون) yaitu sebuah grup di dalam ummat Islam. Kelompok ini ditakuti oleh tentara salib waktu itu. Sebutan Assassin terpelihara dalam sumber-sumber Eropa, seperti pada tulisan Marco Polo, dimana mereka digambarkan sebagai pembunuh yang terlatih, dan bertanggung jawab atas pembunuhan sistematis atas pihak yang berlawanan. Kata “assassin” kemudian sejak itu digunakan untuk menggambarkan pembunuh bayaran professional, assassination yang berarti tindakan pembunuhan yang menargetkan orang kalangan atas untuk kepentingan politik. (sumber)

4. Body

Body berarti badan berasal dari kata bahasa Arab “Badan” (بدن) dengan arti yang sama.

5. Coffee

Coffee artinya kopi berasal dari kata Qahwa (القهوة) adalah minuman yang ditemukan di ethiophia dan dikembangkan di Yaman sebagai minuman. Minuman ini kemudian masuk ke Turki dengan nama Kahve, kemudian masuk ke Italia dengan nama caffee, kemudian ke bahasa Inggris dengan nama coffee.

Kopi Mocha atau mocaccino, juga ternyata berasal nama sebuah pelabuhan di Yaman, yaitu pelabuhan Mokha, pelabuhan ini dulunya merupakan tempat ekspor kopi ke berbagai negara.

6. Camel

Camel atau unta berasal dari bahasa Arab Jamaal (الجمال)

7. Carrat

Carrat adalah ukuran kadar kemurian emas, kata ini berasal dari bahasa Arab Qiiraat (القيراط), menurut kamus Mu’jaam Al-Wasiith Qiraat adalah sebuah patokan untuk mengukur berat timbangan atau ukuran sesuatu.

8. Cave 

Cave atau gua, berasal dari baha arab Kahf (الكهف)

9. Cotton

Cotton adalah kapas, berasal dari bahasa arab Qutn (االقطن)

Baca juga:  Lengkap: Pengertian Ghibah, Hukum dan Dalilnya

10. Cover

Cover artinya tutup atau penutup berasal dari bahasa arab Kafara, Kufr (كفر/الكفر) secara bahasa artinya menutup atau menutupi. Dalam istilah, orang yang tidak beriman disebut kafir karena ia menutupi kebenaran dan mengingkarinya setelah ia tahu itu benar. Dalam penggunaan klasik petani disebut dengan kafir jamaknya kuffaar, karena petani menutupi benih ketika menanamnya di dalam tanah.

11. Cup

Cup atau cangkir berasal dari kata Arab Kub atau jamaknya Akwaab (كوب / أكواب) yang juga berarti cangkir

12. Earth 

Artinya bumi, berasal dari kata Arab Ardh (الأرض)

13. Eye

Artinya mata berasal dari kata ‘Ayn (االعين) juga berarti mata, atau mata-mata

14. Ghoul

Ghoul dalam bahasa inggris  artinya setan kubur, kata ini diambil dari bahasa Arab Gul (الغول) adalah jenis Jin yang ada di gurun yang dipercaya oleh orang Arab pada jaman dahulu, jin ini, menurut mereka, bertugas menyesatkan jalan manusia ketika mereka melalui gurun.

15. Good

Berasal dari kata Jaada, Yajudu, Juudan (جاد يجود جودا) yang artinya baik

16. Harem

Artinya selir, atau bilik yang diperuntukkan untuk selir pada zaman dahulu

17. Kill

Artinya bunuh atau membunuh berasal dari kata  Arab Qatl (قتل) yang artinya juga pembunuhan

18. Magazine

Magazine memiliki beberapa arti, diantaranya majalah, gudang peluru, dan gudang senjata. Kata ini berasal dari bahasa Arab, dari kata, Makhzan jamaknya Makhaazin (مخزن / مخازن) yang artinya tempat penyimpanan, atau gudang.

19. Man

Man berarti seorang pria, atau manusia, kata ini berasal dari kata Arab Man (من) yaitu kata ganti untuk makhluk berakal, artinya bisa menjadi “siapa”, dan juga bisa berarti “orang”.

20. Mile

Mile adalah unit jarak tempuh 1 mile sekitar 1600 KM, atau bisa juga berarti ungkapan untuk jarak yang jauh. Kata ini diambil dari bahasa Arab Miil (ميل) yang juga dahulu dipakai untuk menunjukkan jarak, miil juga berarti menara yang dibuat pada suatu jalan sebagai petunjuk bagi musafir dan menandakan jarak tempuh.

Baca juga:  Arti dan Makna Kafir Harbi

21. Noble

Nobel artinya mulia, ini adalah serapan dari kata bahasa Arab “Nabiil” (نبيل) yang artinya orang yang mulia dan bermartabat.

22. Paradise

Paradise artinya surga, ini diambil dari bahasa Arab Firdaus dan jamaknya Faraadiis (فردوس / فراديس) adalah tingkatan surga yang paling tinggi.

23. Safari

Safari artinya ekspedisi untuk mengamati atau berburu binatang di habitat alami mereka, terutama di Afrika Timur. Kata ini berasal dari kata bahasa arab Safar yang artinya perjalanan.

24. Sugar

Sugar atau gula berasal dari kata Sukkar (سكر)

25. Wail

Wail artinya meratap, kata ini diambil dari bahasa Arab “Wail” (ويل) yang artinya celaka atau adzab, menurut sebagian tafsir, wail adalah nama sebuah lembah di Neraka Jahannam.

26. Zero

Artinya nol diambi dari kata Sifr (صفر) yang berarti kosong, atau hampa, kata ini kemudian berubah menjadi zephrum pada bahasa latin, dan zero pada bahasa Inggris.

Demikian sebagian contoh dari kosa kata serapan bahasa inggris yang diambil dari kosa kata bahasa Arab. Menurut pakar, ada ratusab bahkan ribuan kosa kata inggris lainnya yang merupakan serapan dari bahasa Arab yang terjadi pada masa kejayaan Islam. Penyerapan ini juga terjadi pada bahasa-bahasa eropa lainnya, seperti Spanyol dan Portugis, German, Belanda, Prancis, dll.

 

Referensihttps://www.almaany.com

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •