Muqaddimah Aqidah dan Iman

Segala puji bagi Allah yang berfirman,

 

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

 

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (QS. Adz-dzariyat: 56)

 

Dan yang berfirman,

 

وَمَا أَرْسَلْنَا مِن قَبْلِكَ مِن رَّسُولٍ إِلَّا نُوحِي إِلَيْهِ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدُونِ

 

“Dan Kami tidak mengutus seorang rasulpun sebelum kamu melainkan Kami wahyukan kepadanya: “Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku”.  (QS. Al-Anbiya: 25)

 

Dan aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, sekalipun orang-orang musyrik tidak menyukai, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba Nya dan utusan Nya, yang Ia utus kepada seluruh manusia, semoga shalawat Allah tercurah kepadanya, keluarganya dan para sahabatnya, serta siapa pun yang berjalan pada petunjuknya sampai hari kiamat.

 

Amma ba’du..

 

Sesungguhnya menjelaskan Aqidah yang benar dan menyeru manusia kepadanya merupakan kewajiban yang paling utama, karena ia adalah jalan untuk mengenal Allah dan ini merupakan kewajiban yang paling awal bagi manusia. Mengenal Allah juga merupakan alasan diturunkannya kitab-kitab, diutusnya Rasul-rasul, dan karenanya pula manusia terbagi menjadi dua: mereka yang celaka (karena mengingkari Nya) dan mereka yang bahagia (karena tunduk dan patuh Nya) dan dengan sebab memenuhi hak dan kewajibanya, kebahagiaan dunia dan akhirat bisa diraih, dan karenanya surga dan neraka diciptakan.

Baca juga:  Hubungan Antara Rezeki dan Kematian (Ajal)

 

Aqidah yang benar merupakan hal yang paling utama untuk diperhatikan, terutama ketika banyaknya orang yang tersesat darinya, dan karena banyaknya terjadi kerancuan (ketidak jelasan) pada banyak kalangan orang Islam.

 

Dan sungguh para imam Sunnah dan Ulamanya dari ummat ini sangat memperhatikan perkara akidah, karena itu mereka menulis buku-buku yang banyak tentangnya, diantaranya ada yang besar dan ada yang ringkasan.

Namun, karena sulitnya mengakses kitab-kitab tentang akidah ini bagi kebanyakan orang, dan belum terdapat (setau kami) sebuah program atau situs internet yang mengumpulkan seluruh materi Aqidah Ahlus sunnah wal Jama’ah, maka atas rahmat dan karunia Allah kami pada situs ini berinisiatif untuk mengumpulkan segala sesuatu tentang Akidah dan Tauhid yang bertebaran didalam kitab-kitab para ulama yang rujukannya mencapai lebih dari 140 referensi berdasarkan metode (manhaj) Ahlus-sunnah Wal Jama’ah, baik yang terdahulu maupun yang sekarang.

 

Kami berambisi agar pembahasan ini dapat mencakup seluruh bab dan masalah yang berkaitan dengan Aqidah, disertai dengan penelitian, penyaringan, penyusunannya, dan takhrij hadits-haditsya dan menyususunnya berdasarkan topik atau bab secara hirarki, kami berusaha sebisa mungkin agar menyebutkan kutipan serta referensinya, akan tetapi kadang kami menyesuaikan sebagian topic dengan penyebutan penyesuaiannya.

Akhirnya kami memohon kepada Allah agar menjadikan amal kami ikhlas hanya kepada Nya, dan semoga Dia memberi manfaat bagi kaum Muslimin dengan usaha kami.

Baca juga:  Pakai Cincin Yang Ada Tulisan (Jimat) Bolehkah?

 

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •