Hosting Unlimited Indonesia

Apakah di Surga Ada Jomblo?

Bismillahirrohmanirrohim

Soal :

Apakah seorang wanita muslimah yang belum sempat menikah di dunia ia akan mendapatkan pasangan di surga nanti ..?

Jawaban (Syaikh Sholeh Al Muslih hafidzahullah) :

Surga itu perkara yangg agung dan perihal yg besar, surga adalah tempat yang di dalamnya kenikmatan yang sempurna tidak ada kekurangan sedikit pun.

Allah Subhaanahu Wata’alaa lah yang telah menjanjikan surga untuk wali-wali nya; yaitu orang-orang yang beriman serta mereka yang bertaqwa.

Kita meminta kepada Alloh Azza Wajalla yang maha perkasa, Rabb yang memiliki Arsy yang mulia dengan nya serta kebaikannya agar kita di masukkan kedalam surga.

Diriwayatkan dari Bukhori (3244) dan Muslim (2824) dari jalur Abi Zinad dari Al A’raj dari Abi Hurairah Rodhia Allahu anhu berkata : Rasulullah Shollahu Alaihi Was sallam bersabda : Allah Ta’alaa berfirman:

(Aku telah menyediakan bagi hamba-hambaku yang sholeh kenikmatan yang belum pernah mata melihat, belum pernah telinga mendengarnya, dan belum pernah terbetik dalam hati manusia ).

Maka bacalah firman Allah ta’ala :

(Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan. (Q.S. As Sajadah:17)

Dan ayat diatas menunjukkan bahwasanya hamba-hamba yang sholeh yang akan mendapatkan kenikmatan tersebut mencakup dari laki-laki dan perempuan.

Maka dari mereka mendapatkan kenikmatan apa-apa yang Alloh ta’ala sifati di dalam hadist di atas.
adapun hamba belum menikah di dunia maka Alloh ta’ala akan menikahkannya dengan pasangan di akhirat kelak .
di surga kelak tidak ada dari penghuni nya yang membujang(jomblo);yakni dengan tidak memiliki pasangan.

Diriwayatkan Imam Muslim di dalam Shohihnya (2834) dari jalur Ayub dari Muhammad bin Sirin dari Sahabat Abi Hurairah Radhiyallahu Anhu berkata : Rasulullah shalallahu alaihi wa salam bersabda : “tidak ada di dalam surga dari penghuninya yang membujang (jomblo)”.

Dan ini mencakup laki-laki dan perempuan, maka untuk setiap dari mereka Rabb semesta alam akan memberikan pasangan dan mendapatkan untuknya kenikmatan yang sempurna.

Dan segala puji bagi Rabb semesta alam.

Sumber :
المصدر
: موقع شيخ خالد المصلح(14-2-1426)

Alih bahasa : Fuad Abdul Karim

(santri SMA PTQ IMAM ATH THOBARI, bogor)

Muroja’ah : Abu kaysaa, Lc