Hosting Unlimited Indonesia

Apakah Do’a Iftitah Dibaca pada Setiap Raka’at Tarawih atau Cukup di Raka’at Pertama saja?

  • admin 
Apakah Islam Sebuah Agama atau Bukan?

Do’a iftitah atau istiftah adalah doa atau bacaan yang dibaca sebelum membaca Alfatihah dalam sholat. Doa ini termasuk diantara sunnah-sunnah sholat yang dianjurkan dibaca untuk membuka sholat.

Doa iftitah dianjurkan dibaca pada raka’at pertama setiap sholat, tapi bagaimana dengan sholat-sholat sunnah yang memiliki jumlah raka’at yang banyak dan dilakukan dengan salam setiap dua raka’at, seperti sholat tarawih (qiyamul lail, tahajjud) sholat dhuha, rawatib dan lainnya. Apakah bacaan iftitahnya dibaca pada setiap memulai sholat setelah salam dari raka’at sebelumnya atau cukup dibaca sekali saja dalam satu paket sholat?

Perkara ini ada perbedaan pendapat dikalangan para ulama, ada yang mengatakan bahwa doa istifatah dibaca setiap memulai rak’at baru dan ada yang mengatakan cukup dibaca pada raka’at pertama di awal sholat.

Namun, pendapat yang lebih kuat -wallahu’alam- adalah bahwa bacaan iftitah ini dibaca pada setiap memulai raka’at baru dalam paket sholat yang memiliki banyak raka’at. Maka do’a iftitah dibaca setiap awal rak’at setelah salam dari rak’at sebelumnya, dan begitu seterusnya.

Hal ini sesuai dengan keumuman dalil dari hadits Nabi shallallahu’alaihi wa sallam dimana beliau memaca do’a istifatah setelah takbiratul ihram sebelum alfatihah pada rak’at pertama pada setiap sholat.

Syaikh Ibnu ‘Utsaimin berkata: “Apabila engkau mengerjakan sholat Nawafil (nafilah/sunnah) yang raka’atnya berbilang, seperti sholat lail, maka jika engkau telah beristiftah pada satu nafilah lalu engkau ingin mengerjakan nafilah lainnya, maka engkau juga beristiftah padanya. Maka dari itu kita ketahui bahwa apa yang dilakukan sebagian imam-imam pada sholat tarawih, dimana ia beristiftah pada salam pertama dan tidak beristiftah pada selainnya, merupakan kekurangan.” (Nur ‘ala Ad darb)

Baca juga:  Hukum Orang Masbuq Sholat Jum'at dan Mendapati Tasyahhud Akhir, Apakah Menyempurnakan 2 atau 4 Raka'at ?

Al-lajnah Ad-daimah di dalam fatwanya disebutkan: “Disunnahkan membaca iftitah pada setiap salam pada sholat tarawih, karena setiap salam adalah sholat tersendiri yang terpisah dari sebelumnya.”

 

Referensi: https://www.islamweb.net/ar/fatwa/335143/