Hosting Unlimited Indonesia

Apakah Islam Sebuah Agama atau Bukan?

  • admin 
Apakah Islam Sebuah Agama atau Bukan?

Sebelum menyimpulkan apakah islam sebuah agama atau tidak, kita perlu terlebih dahulu  melihat makna dan definisi agama dari segi istilah, kemudian juga menganalisa apa definisi islam, sehingga dari definisi tersebut kita dapat membandingkan dan menyimpulkan apakah islam adalah sebuah agama atau bukan?

Pengertian/Definisi Agama 

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, agama diartikan sebagai berikut:

agama/aga·ma/ n ajaran, sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya: — Islam; — Kristen; — Buddha;
— samawi agama yang bersumberkan wahyu Tuhan, seperti agama Islam dan Kristen; (sumber)

Apakah Islam Agama?

Berdasarkan definisi diatas, dapat kita katakan bahwa islam termasuk agama, tapi cakupan islam lebih luas daripada sekedar agama menurut definisi diatas dan menurut persepsi orang banyak. Karena Islam adalah satu paket kepercayaan, sistem dan aturan hidup yang komplit dan komprehensif bagi manusia.

Islam tidak hanya mengatur bagaimana hubungan seorang manusia dengan Pencipta dan Tuhannya, manusia dengan sesamanya, dan manusia dengan lingkungannya, tapi islam juga mengatur masalah politik, negara, sosial, ekonomi dan lainnya.

Tidak ada aspek di dalam kehidupan kecuali telah diatur di dalam islam. Semua sisi kehidupan manusia ada petunjuk dan bimbingannya di dalam islam. Bimbingan ini datang langsung dari Allah melalui Rasul Nya, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kadang islam menjelaskan secara rinci suatu hukum terntentu, dan kadang islam memberikan kaidah umum, sehingga islam relevan di setiap tempat, masa dan masyarakat.

Di dalam kajian Islam, ada 3 induk kategori ilmu yang dibahas, yaitu:

1. Akidah/Iman

Akidah membahas keimanan dan kepercayaan kepada Allah, Malaikat-malaikat Nya, Surga, Neraka dan perkara ghaib lainnya yang wajib dipercaya. Rukun atau pilar iman ada 6 yang telah kami bahas pada artikel yang berjudul: 6 Rukun Iman Beserta Dalilnya Secara Berurutan

2. Fiqh/Syari’ah

Kajian fiqih atau biasa disebut dengan syari’ah adalah kajian tentang amalan, praktek dan hukum dalam Islam. Dalam kajian fiqih dibahas hal-hal seperti cara bersuci, cara ibadah, mulai dari sholat, zakat, haji dan lainnya sampai masalah politik, ekonomi, hukum kriminal, dan sebagainya. Juga dibahas hukum rumah tangga, nikah, thalaq, dsb.

3. Akhlak/Penyucian Jiwa

Kajian akhlak atau penyucian jiwa (tazkiyatun nafs) membahas tentang bagaimana seharusnya sifat dan karakter seorang muslim yang ideal. Pada kajian akhlak tidak hanya dibahas aspek luar manusia tapi juga dibahas aspek dalam diri dan hati manusia, seperti bagaimana seseorang menjadi orang yang rendah hati dan tidak sombong, jujur, tidak dengki dan hasad, zuhud (tidak mementingkan) dunia dan lainnya.