Hosting Unlimited Indonesia

Arti Kata Takjil Secara Bahasa dan Istilah

  • admin 
arti kata takjil secara bahasa dan istilah

Takjil adalah kata serapan yang berasal dari bahasa arab Ta’jil (تعجل) yang berasal dari kata ‘Ajala (عجل) yang artinya segera.    

Secara istilah, menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), takjil didefinisikan sebagai “mempercepat (dalam berbuka puasa)”.

Namun, pada kenyataannya di masyarakat, orang-orang menggunakan kata takjil sebagai istilah untuk makanan atau minuman berbuka puasa atau ifthar/iftar.

Maka, arti sebenarnya dari takjil/ta’jil adalah tindakan untuk menyegerakan berbuka puasa jika telah tiba waktu berbuka dan tidak menunda-nundanya.

Menyegerakan berbuka puasa atau ta’jil adalah sunnah yang dianjurkan oleh Nabi shallallahu’alaihiwasallam sebagaimana dalam hadits beliau:

وَعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ  مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam  bersabda, “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.” (HR. Bukhari dan Muslim)