Hosting Unlimited Indonesia

Biografi Singkat Sahabat Nabi: Ka’ab bin Malik

  • admin 
biografi sahabat Nabi ka'ab bin malik

Biografi Singkat Sahabat Nabi: Ka’ab bin Malik- Ka’ab bin Malik Radhiyallahu’anhu adalah salah seorang sahabat Nabi yang mulia sekaligus salah satu dari penyair Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam. 

Ka’ab bin Malik adalah penduduk asli Madinah (kaum anshar), ia dan teman-teman nya ikut dalam peristiwa bai’at ‘Aqabah yang merupakan pembuka jalan bagi peristiwa besar hijrahnya Nabi Shallallahu’alaihiwasallam ke Madinah.

Ketika perang Tabuk, Ka’ab bin Malik termasuk diantara orang yang tidak ikut perang tanpa alasan yang jelas. Karenanya, Ka’ab sangat menyesal atas hal itu. Sepulangnya Rasulullah dan pasukan kaum muslimin ke Madinah, kaum munafik yang tidak ikut perang menghadap Nabi dan mengemukakan alasan bohong mereka kepada beliau supaya dimaafkan. Namun Ka’ab bin Malik dan juga 2 temannya yang lain memutuskan untuk berkata jujur kepada beliau atas ketidak ikut sertaan mereka pada perang Tabuk.

Atas pengakuan jujur itu, Nabi Shallallahu’alaihiwasallam memboikot dan memerintahkan kaum muslimin agar tidak berbicara dengan mereka sampai ada putusan dari Allah Ta’ala melalui wahyu. Singkat cerita, setelah sekian lama diboikot, akhirnya Ka’ab bin Malik dan kedua temannya mendapat kabar gembira atas diterimanya taubat mereka oleh Allah. Diterimanya taubat mereka diabadikan langsung dalam Al-Quran sebagaimana pada surat At-taubah ayat 118.

Ka’ab bin Malik Radhiyallahu’anhu wafat pada tahun 50 Hijriyah. Semoga Allah meridhoinya dan seluruh para sahabat Nabi. Shallallahu’alaihiwasallam 

Demikian biografi singkat salah satu sahabat Nabi Ka’ab bin Malik, semoga bermanfaat.

Baca juga:  Satu Amalan Rahasia untuk Berbagai Solusi