jual kurma curah impor dari uni emirat arab (UAE) grosir

Bolehkah Membaca Doa dari Quran Ketika Ruku’ dan Sujud?

hukum doa dari Quran waktu sujud

Nabi shallallahu’alaihi wa sallam melarang membaca Al-quran disaat ruku’ dan sujud dan menganjurkan untuk memperbanyak do’a ketika sujud. Nah, bolehkah kita membaca do’a yang terdapat di dalam Al-quran ketika sujud?

Jawaban singkatnya adalah boleh, jika dibaca dengan maksud untuk berdo’a.

Simak rinciannya pada ulasan berikut.

Larangan Membaca Quran ketika Ruku’ dan Sujud

Nabi shallallahu’alaihi wa sallam melarang Quran dibaca pada saat ruku’ dan sujud, dalilnya:

روى مسلم (479) عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رضي الله عنهما قَالَ : قال رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ( أَلا وَإِنِّي نُهِيتُ أَنْ أَقْرَأَ الْقُرْآنَ رَاكِعًا أَوْ سَاجِدًا ، فَأَمَّا الرُّكُوعُ فَعَظِّمُوا فِيهِ الرَّبَّ عَزَّ وَجَلَّ ، وَأَمَّا السُّجُودُ فَاجْتَهِدُوا فِي الدُّعَاءِ فَقَمِنٌ – أي جدير وحقيق – أَنْ يُسْتَجَابَ لَكُمْ ) .

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu’anhu ia berkata, Raulullah shallallahu’alaihiwasallam bersabda:

“Ketahuilah, bahwa aku dilarang untuk membaca Al-quran ketika ruku’ atau sujud, adapun ketika ruku’ maka agungkanlah olehmu Tuhan ‘azza wa jalla, dan adapun ketika sujud maka hendaklah kamu bersungguh-sungguh dalam doa niscaya akan lebih utama untuk dikabulkan.” (HR. Muslim: 479)

dan hadits:

وروى مسلم (480) عن عَلِيّ بْن أَبِي طَالِبٍ رضي الله عنه قَالَ : نَهَانِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ أَقْرَأَ رَاكِعًا أَوْ سَاجِدًا .

Dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu’anhu, berkata:

Baca juga:  Minta Doa Pada Pak Imam, Bolehkah?

“Aku dilarang oleh Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam  untuk membaca (Quran) baik ketika ruku’ atau sujud.” (HR. Muslim: 480)

Dan para ulama telah bersepakat tentang makruhnya membaca Al-Quran ketika ruku’ atau sujud.

Hikmah Larangan Membaca Quran pada Waktu Ruku’ dan Sujud

Sebagian ulama menyebutkan hikmah dilarangnya Quran dibaca pada saat ruku’ dan sujud.

Disebutkan bahwa:  sebaik-baik rukun sholat adalah berdiri, dan sebaik-baik dzikirnya adalah Al-quran, maka yang terbaik ditempatkan untuk yang terbaik dan beliau melarang Quran dibaca pada selainnya agar tidak timbul anggapan bahwa dzikir dengan Quran sama derajatnya dengan dzikir dengan selainnya. (‘Aunul Ma’bud)

Pendapat lain mengatakan: bahwa Al-Quran adalah sebaik-baik kalam, karena ia adalah kalam Allah, sedangkan keadaan ruku’ dan sujud merupakan bentuk gerakan merendah dan menghinakan diri dari hamba (kepada Tuhannya), maka termasuk dari adab untuk tidak dibacakan Kalam Allah pada dua keadaan tersebut. (Majmu’ Fatawa, Ibnu Taimiyah)

Hukum Membaca Al-Quran ketika Ruku’ atau Sujud

Apabila seseorang berdoa dengan doa yang terdapat di dalam Al-Quran, seperti do’a pada firman Allah Ta’ala,

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ –  البقرة/201

“Wahai Tuhan kami berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari adzab Neraka.” (QS. Al-baqarah: 201)

Maka hal itu tidak mengapa, jika ia bermaksud untuk berdo’a, bukan untuk membaca Al-quran, berdasarkan sabda Nabi shallallahu’alaihiwasallam: 

إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى ) رواه البخاري (1) ومسلم (1907)

Baca juga:  Penjelasan Tentang Sujud Malaikat Kepada Adam

“Segala amalan (balasannya) hanya tergantung pada Niat, dan setiap orang hanya akan mendapat berdasarkan apa yang ia niatkan.” (HR. Bukhari dan Muslim )

Az-zarkasyi berkata:

“Posisi makruhnya adalah jika dimaksudkan untuk membaca Al-quran, namun jika dimaksudkan untuk pujian dan do’a maka sama halnya dengan Qunut dengan ayat al-quran.” (akhir kutipan)

Dan berqunut dengan ayat Al-quran hukumnya boleh dan tidak makruh. (Tuhfatul Muhtaaj 2/61)

Imam Nawawi rahimahullah berkata:

“Jika seseorang berdoa qunut dengan satu atau beberapa ayat Quran yang mulia yang mengandung do’a maka qunutnya sah, tapi yang terbaik apabila ia qunut dengan doa yang terdapat didalam sunnah (hadits) (Al-adzkaar, hal. 59)

Ulama Lajnah Daimah pernah ditanya: Kita mengetahui bahwasanya tidak dibolehkan membaca Quran pada waktu sujud, tapi ada sebagian ayat-ayat Quran yang mengandung do’a, seperti firman Allah,

ربنا لا تزغ قلوبنا بعد إذ هديتنا

“Wahai Tuhan kami janganlah Engkau menyesatkan hati-hati kami setelah Engkau memberi kami hidayah.” (QS. Ali-Imran: 8)

Apa hukumnya membaca doa semacam ini yang terdapat di dalam Quran di waktu sujud?

Mereka menjawab:

Hal itu tidak mengapa jika ia membacanya dengan tujuan berdo’a, bukan dengan tujuan membaca Al-quran. (Fatawa Lajnah Daimah 6/443)